Sabtu, 02 Juni 2012

Untungnya Bertanam Organik

Makin digemarinya sayuran organik oleh masyarakat Kota Malang pecinta hidup sehat membawa berkah tersendiri bagi para petani. Begitu juga dengan Boy Febriantono petani organik yang ada di Jl. Teluk Grajakan Kota Malang.

Kebun sayur organik di Teluk Grajakan

Pertani yang membudidayakan berbagai sayuran seperti tomat, sawi, kailan, bayam, brambang, bawang, lombok ini sempat kewalahan menerima pesanan. Terbatasnya lahan dan terbatasnya modal menjadi hambatan tersendiri.

Boy mengakui meski sayur organik harganya lebih mahal dibanding sayur biasa namun permintaannya tidak pernah sepi. Bahkan karena kapasitas produksi di green house yang dimilikinya masih kecil banyak permintaan dari pelanggan yang terpaksa ditolak.

“Untuk mendapatkan hasil pertanian organik yang bagus, penanaman harus dilakukan di green house, pengalaman saya selama ini kalau penanaman di area terbuka hasilnya tidak bisa bagus,” jelas Boy, Senin (16/1).

Menurut Boy dari pengalaman selama ini dengan menanam di green house pengendalian hama bisa menjadi lebih mudah. Kalau ditempat terbuka jelas sulit dilakukan, sebab bertanam organik tidak memakai pestisida untuk melakukan pemberantasan hama.

Meski sulit untuk bertani organik, Boy mengaku senang jika melihat animo pelanggan yang puas atas produk pertanian yang dibuatnya. Sebab selain hasilnya cukup menggiurkan, efek sayuran organik juga sangat bagus bagi kesehatan masyarakat yang mengkonsumsi.

“Saya bayangkan seandainya lahan lahan tidur di Kota Malang bisa dimanfaatkan untuk pertanian organik, hasilnya jelas akan sangat bagus untuk mengangkat perekonomian masyarakat yang ada di dalamnya,’ ujar Boy. Dari pengalaman selama ini, berapapun hasil yang dipanennya selalu habis terjual tak lepas dari marketing penjualan yang bagus. Selain dari mulut ke mulut dan selalu menjaga kepercayaan pelanggan, Boy menyebutkan kalau dia selalu mempromosikan produk yang dimilikinya melalui internet.

Disadur dari : Media Center Kendedes

1 komentar:

  1. Salam kenal, makasih info dan sarannya, bermanfaat. Kalau ada waktu luang silahkan berkunjung ke: OBYEKTIF.COM makasih.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine (obyektif.com)

    BalasHapus